Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti ideologi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini adalah pengertian ideologi menurut para ahli:

1. Francis Bacon

Menurut Francis Bacon pengertian ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup.

2. Alfian

Menurut Alfian pengertian ideologi adalah sebuah pandangan ataupun sistem nilai yang menyeluruh dan juga mendalam mengenai bagaimana cara yang sebaiknya, yakni secara moral dianggap benar dan juga adil, mengatur tingkah laku bersama dalam beragam segi dan bidang kehidupan.

3. Gunawan Setiardjo

Menurut Gunawan Setiardjo arti ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan atau aqidah ‘aqliyyah (akidah yang sampai melalui proses berpikir) yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

4. C. C. Rodee

Menurut C. C. Rodee pengertian ideologi adalah sekumpulan ide yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan juga pelakunya.

5. Ali Syariati

Menurut Ali Syariati pengertian ideologi adalah suatu keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau ras tertentu.

6. Drs. Moerdiono

Menurut Drs. Moerdiono, ideologi adalah a system of ideas yang akan mensistematisasikan seluruh pemikiran mengenai kehidupan ini dan melengkapinya dengan sarana serta kebijakan dan strategi dengan tujuan menyesuaikan keadaan nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat yang menjadi induknya.