Selasa, 08 November 2016

Achieved Status

Achieved Status

Assalamualaikum, wr.wb.

Pembahasan yang Kedua ini mengenai “Achieved Status

Apa itu Achieved status ….

Contoh kasusnya apa ?

 Achieved Status (Status yang Diperjuangkan)


Achieved status adalah kedudukan yang diperoleh seseorang dengan disengaja. Kedudukan ini tidak diperoleh atas dasar kelahiran. Akan tetapi, bersifat terbuka bagi siapa saja, tergantung dari kemampuan masing-masing dalam mengajar serta mencapai tujuan tujuannya.

Contoh Achieved status yaitu : kedudukan yang diperoleh melalui pendidikan guru, dokter, insinyur, gubernur, harta kekayaan, pekerjaan, camat, ketua OSIS dsb.

Pada umumnya cara seseorang untuk meraih status ini adalah dengan jalan pendidikan di sekolah formal dan perjuangan keras. Achieved status dapat diperoleh melalui proses sebagai berikut.

Contoh Kasus Achieved status :

1) Prestasi
Dalam hal ini status diperoleh karena berhasil dalam menyelesaikan studi atau meraih juara dalam suatu kejuaraan. Apresiasi masyarakat akan berbeda pada orang-orang yang memiliki prestasi lebih.
Contohnya dokter, insinyur, dan hakim.

Misalnya :
seorang dokter. Sebelum meraih gelar Dokter (dr), seseorang harus berusaha terlebih dahulu, tidak otomatis langsung menjadi seorang dokter. Seperti, sekolah SMA dengan jurusan IPA dan melanjutkan pendidikan di Fakultas Kedokteran. Setelah itu, baru memperoleh status “Dokter”.

Sesuai dengan pengertian diatas, bahwa Achieved Status merupakan cara memperoleh status dengan usaha dan kemampuan yang dimiliki. Seorang dokter sudah berusaha sejak sebelum Ia menjadi dokter. Dengan usaha dan kemampuan, seseorang bisa mendapat gelar Dokter.

Wisuda

 Menjadi dokter


Menjadi dokter

2) Kekuasaan atau jabatan
Seseorang akan dipandang memiliki status tinggi, apabila orang tersebut memiliki jabatan tertentu yang lebih tingg jika dibandingkan dengan kedudukan masyarakat lainnya. Untuk memiliki jabatan dibutuhkan perjuangan.
Contohnya manajer perusahaan, kepala desa, dan guru.

Misalnya :

orang bapak Jokowi yang tadinya menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta yang kemudian menjadi Presiden RI, berkat usaha dan kerja kerasnya serta doa yang dipanjatkan status sosialnya menjadi naik dan perannya juga menjadi lebih banyak dimasyarakat dan tugasnya yang tidak gampang menjadi Presiden RI.

Gubernur DKI Jakarta

Presiden RI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar