Sabtu, 21 Juli 2018

Pemrograman COBOL

Pemrogaman COBOL

Identification Division
}  Merupakan divisi yang pertama dalam program COBOL dan yang paling sederhana
}  Merupakan keterangan tentang program Cobol yang dibuat
}  Terdiri dari beberapa paragraph
BENTUK UMUM
IDENTIFICATION DIVISION
}  IDENTIFICATION DIVISION.
              PROGRAM-ID.nama program.
            [ AUTHOR. nama programmer.  ]
            [ INSTALLATION. nama istalasi. ]
            [ DATE-WRITTEN. tanggal program dibuat. ]
            [ DATE-COMPLIED. tanggal program dikompilasi
            [ SECURITY. sifat program. ]
[..] optional
PROGRAM-ID
}  Menunjukan identitas dari program
}  Nama program harus unik
}  Syarat nama program boleh sampai 30 karakter tapi yang dianggap unik hanya 6 karakter pertama, selebihnya diabaikan.
Contoh program
}  IDENTIFICATION DIVISION.
                  PROGRAM-ID. penjualan.
                  AUTHOR. shahnaz. 
                  INSTALLATION. labsi.
                  DATE-WRITTEN. 10-10-2014.
                  DATE-COMPLIED. 11-10-2014
                  SECURITY. rahasia.
ENVIRONTMENT DIVISION
}  Merupakan divisi kedua yang menyediakan informasi mengenai peralatan yang dipergunakan didalam program.
}  Terdapat dua buah section yaitu :
Ø  Configuration section
Ø  Input-output section
BENTUK UMUM
ENVIRONMENT DIVISION
}  ENVIRONMENT DIVISION,
                  [ CONFIGURATION SECTION.]
                  [ SOURCE-COMPUTER. Nama-komputer  ]
    [ WITH DEBUGGING MODE. ]
                  [OBJECT-COMPUTER. Nama-komputer. ]
                  [SPECIAL-NAMES.]
                                [              PRINTER IS nama-mnemonik ]
                                [              CURRENCY SIGN IS literal. ]
                                [              DECIMAL-POINT IS COMMA.  ]
                   [INPUT-OUTPUT SECTION.]
     [FILE-CONTROL.]
                                       [ File-control entry. ]
CONFIGURATION SECTION
}  Pada seksi ini diterangkan mengenai jenis-jenis komputer yang digunakan dalam rangka pembuatan, pengkompilasian dan pemrosesan program.
}  Configuration section perlu, sebab kemungkinan program yang dibuat pada sebuah komputer dijalankan oleh komputer yang lain.
Source Computer
}  Source-computer digunakan untuk nama komputer yang digunakan dalam membuat dan mengkompilasi program
}  Penulisan mulai dari area A yaitu kolom 8
}  Contoh komputer yang digunakan untuk membuat source program adalah IBM-Pc
                è SOURCE-COMPUTER. IBM=PC.
Object Computer
}  Paragraph ini menunjukan nama komputer yang digunakan untuk menjalankan (execute) program yang telah dikompilasi yang sifatnya sebagai dokumentasi.
}  Contoh : komputer yang digunakan untuk menjalankan program adalah IBM-Pc
                è OBJECT-COMPUTER. IBM=PC.
Special-Names
}  Paragraf ini sifatnya optional
}  Digunakan untuk menghubungkan nama mnemonik dengan nama yang dbuat programmer.
Contoh:
}  Printer is alat-cetak.
}  Currency sign is $.
}  Decimal point is comma.
INPUT-OUTPUT SECTION
}  Digunakan bila menggunakan media simpanan sekunder, maka file control dalam seksi ini harus ditulis.
}  Bentuk umumnya:
                                INPUT-OUTPUT SECTION.
               FILE-CONTROL.
                                        File-control entry.
DATA DIVISION
}  Merupakan divisi yang ketiga didalam program cobol
}  Divisi ini memberikan penjelasn tentang input data dan output yang dipergunakan.
}  Isi dari divisi ini merupakan semua keterangan tentang file, record, nama data serta bentuk format data yang akan digunakan didalam procedure division.
SECTION didalam Data Division
}  Ada 5 section didalam data division yaitu
  1. File section
  2. Working-storage section
  3. Screen section
  4. Linkage section
  5. Report section
FILE SECTION
}  Pada section ini terdapat semua keterangan-keterangan mengenai file-file yang dipakai didalam program.
}  File section ada bila dipergunakan file dalam bentuk simpanan sekunder yaitu disk yang berhubungan dengan INPUT-OUTPUT SECTION dalam Environtment Division.
}  Keterangan meliputi : Nama file, Cara perekaman, Jumlah record per blok, Jumlah karakter per record
WORKING-STORAGE SECTION
}  Section ini bertujuan untuk memesan tempat di internal memori yang diperlukan oleh pekerjaan proses program
}  Pemesanan tempat biasanya digunakkan untuk:
       Bentuk, nilai dan nama data yg diperlukan di dalam proses yang belum disebutkan pada FILE-SECTION
       Persiapan penulisan judul. Format judul dipersiapkan terlebih dahulu pd WORKING-STORAGE SECTION yang nantinya jika akan dicetak atau ditampilkan pd PROCEDURE DIVISION menggunakan perintah WRITE atau DISPLAY.
       Pemesanan tempat untuk data output yang akan ditampilkan
SCREEN SECTION
}  Digunakan untuk menunjukan bentuk format dan  layar terminal untuk menampilkan data atau memasukan data.
}  Data-data yang dipergunakan dapat berupa group data item atau data item individu, dengan level number 01 dampai dengan 49 yang sudah disebutkan pada file section.
Blank Screen
}  Digunakan untuk membersihkan layar dan menempatkan cursor pada posisi kri atas baris 1 dan kolom1
}  Contoh
                    identification division.
       program-id. belajar1.
       author. dina.
       environment division.
       data division.
       screen section.
       01 hapus-layar.
          02 blank screen.
       procedure division.
       tampilkan.
           display hapus-layar.
           stop run.
LEVEL NUMBER
}  Level number atau nomer jenjang adalah suatu nomor yang menunjukan jenjang dari data item dalam suatu record.
}  Makin besar nomer levelnya, makin rendah jenjang tingkatannya.
}  Terdiri dari level number 01 sampai dengan level number 88
LEVEL NUMBER 01,02-49
}  Level number yang sering dipakai terdiri dari:
ü  Level number 01
                untuk mengawali keterangan dari record
ü  Level number 02 sd 49
                untuk mengawali keterangan dari  data item



















LEVEL NUMBER 66
ü  Level number 66 è digunakan untuk renames
01 Data-Masukkan.
     02 Nama                        Pic A(10).
     02 Alamat      Pic X(15).
     02 Kelas                          Pic X(5).
66 Data-Pegawai Renames Nama thru Alamat.
ü  Level number 77
                untuk mengawali data item yang beridiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada working storage section
ü  Level number 88
LEVEL NUMBER 77,88
ü  Level number 77
                untuk mengawali data item yang beridiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada working storage section
ü  Level number 88
                untuk mengawali suatu nama kondisi
Data Division.
Working-Storage Section.
01  Data-Tanya.
                   02 Tanya Pic A.
                                      88 Lagi value is ‘Y’, ‘y’.
                                      88 Tidak value is ‘T’, ‘t’.
77  Nama Pic A(20).
PICTURE CLAUSE
}  Pic clause menerangkan masing-masing data item yang digunakan, ukuran field dan memberikan informasi apakah data tersebut berbentuk numerik, aplabetik atau alpanumerik serta menerangkan tentang nilai desimal untuk data numerik dan juga tanda yang mengandung nilai negatif atu tanda lain.
PICTURE karakter 9
       Menunjukkan posisi sebuah memory hanya dapat mengandung nilai – nilai numerik saja.
       Bersifat rata kanan ( right justified )

       Contoh :











PICTURE karakter V
}  Menunjukkan letak anggapan dari titik desimal.
}  Karakter ini hanya boleh ada satu saja setiap picture.

















PICTURE karakter P
}  Digunakan dengan gabungan PICTURE karakter V, yang digunakan untuk menimbulkan angka 0.









PICTURE karakter S

}  Digunakan untuk menyimpan tanda negatif pada angka









PICTURE karakter A

}  Digunakan untuk menyimpan nilai data huruf.
}  Bersifat rata kiri ( left justified )







 PICTURE karakter X
}  Menunjukkan    posisi alphanumerik yang disimpan pada field.
}  Alpanumerik berupa angka, huruf atau karakter khusus.
}  Bersifat rata kiri ( Left Justified )




 PICTURE EDITING
}  Berfungsi untuk melakukan perubahan bentuk dari data yang tersimpan (edit data) di dalam memori, sehingga data yang tercetak nantinya akan lebih mudah dimengerti, dibaca, dan mempunyai susunan yang lebih baik dari data aslinya.
}  Berlaku hanya untuk numerik, kecuali Picture editing karakter B
Picture Editing karakter Z
}  Digunakan untuk menggantikan angka 0 di muka tidak tampak pada waktu percetakan









Picture Editing karakter $
}  Menambahkan karakter $ saat pencetakan yang terletak paling ujung kiri.










Picture Editing karakter “.”dan”,”

}  Untuk menunjukkan letak posisi dari titik desimal pada saat pencetakan. Dapat dipertukarkan kedudukannya dengan cara mendefinisikan terlebih dahulu :
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
SPECIAL-NAMES. DECIMAL POINT IS COMMA.








Picture Editing karakter “-” “+”

}  Menambahkan tanda – pada posisi paling kiri pada saat pencetakan jika data aslinya bernilai negatif, jika bernilai positif akan digantikan dengan blank.
}  Jika data aslinya bernilai positif tanda + akan tampak pada posisi paling kiri. Tetapi jika data aslinya bernilai negatif, maka yang akan muncul bukan karakter + tetapi karakter -.
Picture Editing karakter “*”
}  Untuk menggantikan nilai 0 (nol) yang muncul pada posisi paling kiri dengan karakter







Picture Editing karakter 0
}  Untuk menyisipkan karakter 0 pada posisi dimana karakter 0 itu berada.












Picture Editing karakter “/”
}  Untuk menyisipkan karakter / pada posisi dimana karakter / itu berada.












PROCEDURE DIVISION
}  Merupakan divisi yang keempat dalam banasa program COBOL
}  Semua instruksi yang ditulis pada procedure division sehingga divisi ini merupakan inti dari pemrograman COBOL.
MOVE Verb
}  Adalah perintah yang penting didalam program COBOL. Verb ini berguna untuk memindahkan data dari satu field ke lokasi field yang lain, sehingga input data dapat dimanipulasi untuk menghasilkan output.
}  Bentuk dari statement MOVE :
    MOVE namadata1 TO namadata2,namadata3
Contoh Move
}  data division
01 KIRIM.
      02 UNIT                          PIC 9(3).
                    02 HARGA                      PIC 9(5).
01 TERIMA.
                    02 UNIT-OUT PIC 9(3).
      02 HARGA-OUT          PIC 9(7).
}  Procedure division
                                MOVE UNIT TO UNIT-OUT.
Memindahkan nilai data dari field UNIT ke field UNIT-OUT
                                MOVE KIRIM TO TERIMA.
                memindahkan 8 karakter dari field group item KIRIM ke 10 karakter secara bersamaan ke field group item TERIMA
DISPLAY Verb
}  Dipergunakan untuk menampilkan hasil di layar ataupun di printer.
}  Ada 3 bentuk statement DISPLAY :
  1. Display nama-layar
  2. Display nama data upon nama mnemonik
  3. Display posisi tampilan nama data
Posisi tampilan è line,column
Contoh Display
Display hapus layar.
Display “Bahasa Cobol”.
Display (15,5) “Indonesia”.
identification division.
       program-id. belajar1.
       author. dina.
       environment division.
       configuration section.
       source-computer. ibm-pc.
       object-computer. ibm-pc.
       data division.
       screen section.
       01 hapus-layar.
          02 blank screen.
       procedure division.
       tampilkan.
           display hapus-layar.
           display 'bahasa COBOL'
           stop run.
ACCEPT Verb[a]
}  Digunakan untuk memasukkan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan (pada waktu runtime).
}  Ada 4 bentuk statement ACCEPT :
  1. ACCEPT nama data
  2. ACCEPT nama-layar [ON ESCAPE statement-imperative ]























Keterangan ACCEPT
}  ZERO-FILL phrase
}  Bila posisi-posisi field data-item penerima data tidak diisi dengan data (langsung di tekan tombol RETURN), maka akan terisi dengan nilai nol.
}  SPACE FILL phrase
                Bila posisi-posisi field data-item di layar tidak diisi dengan data (langsung ditekan tombol RETURN), maka akan terisi dengan nilai blank.
}  LEFT-JUSTIFY phrase
                Tidak berfungsi dalam MS-COBOL.
}  RIGHT-JUSTIFY phrase
                Menyebabkan setelah data dimasukkan, hasil akhir yang tampak dilayar akan rata di sebelah kanan.
}  TRAILING – SIGN phrase
                Menyebabkan tanda operasi + atau – tampak diposisi paling kanan dari field data input. Biasanya tanda tersebut akan menempati posisi paling kiri.
}  PROMPT phrase
                Menyebabkan tampilan untuk field data-item penerima berbentuk nol untuk posisi digit,titik untuk decimal point dan spasi untuk tanda operasi + atau
}  UPDATE phrase
                Menyebabkan tampilan untuk field data-item penerima berbentuk nilai awal dari field penerima tersebut.
}  LENGTH-CHECK phrase
                Menyebabkan penekanan tombol carriage-return tidak berfungsi kalau semua posisi field penerima belum penuh semua.
}  EMPTY-CHECK phrase
                Menyebabkan penekanan tombol carriage-return tidak berfungsi kalau tidak paling sedikit sebuah karakter atau angka yang bukan sifatnya terminator sudah dimasukkan.
}  AUTO-SKIP phrase
                Menyebabkan proses pemasukkan data bergeser ke field penerima data lain berikutnya, bila posisi field penerima sudah penuh terisi tanpa harus ditekan tombol carriage-return atau tombol terminator yang lainnya.
}  NO-ECHO phrase
                Menyebabkan data yang dimasukkan, tidak tampak di layar.
}  BEEP phrase
                Menyebabkan bunyi bel sewaktu data dimasukkan.
ACCEPT Verb[b]
}  Bentuk ke 4












STOP Verb

}  Digunakan untuk menghentikan program baik secara permanen maupun secara sementara saja, yang kemudian proses program dapat dianjurkan kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar