Selasa, 23 Oktober 2018

Pengertian Prolog

Prolog adalah singkatan dari Programming in Logic, yaitu suatu aplikasi yang memungkinkan kita untuk menggunakan logika sebagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman seperti ini disebut juga dengan bahasa pemrograman non-prosedural. Prolog merupakan bahasa deklaratif, artinya jika diberi fakta dan aturan maka Prolog akan menyelesaikan problem masalah dengan cara menarik kesimpulan sebagai jawaban berdasarkan fakta dan aturan yang diberikan.
Algoritma yang digunakan dalam aplikasi Prolog terdiri dari logika dan kontrol. Logika yang dimaksud disini adalah fakta dan aturan yang menerangkan apa yang seharusnya dilakukan atau diperintahkan oleh user. Sedangkan yang dimaksud dengan kontrol adalah cara-cara yang digunakan agar algoritma tersebut dapat diimplementasikan menggunakan aturan yang sudah dibuat.
Berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang menggunakan algoritma konvensional, cnttohnya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman sejenis, Prolog menggunakan teknik pemecahan masalah yang disebut dengan teknik heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika. Heuristik adalah sebuah teknik yang mengembangkan efisiensi dalam proses pencarian, namum dengan kemungkinan mengorbankan kelengkapan (completeness).
Di bawah ini adalah beberapa perbedaan Bahasa Pemrograman Prolog (Bahasa Deklaratif) dengan  Bahasa Pemrograman Konvensional (Pemrograman Prosedural).
  1. Bahasa deklaratif hanya membutuhkan uraian masalah sedangkan pada bahasa prosedural memerlukan perintah.
  2. Prolog adalah goal oriented yaitu apa yang harus dipecahkan, sedangkan bahasa prosedural menjawab bagaimana harus memecahkan masalah.
  3. Prolog tidak memiliki struktur seperti deklarasi, dan lain-lainnya, yang ada hanyalah clause.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Prolog biasanya digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan logika yang tidak mengandung unsur perhitungan yang banyak menggunakan angka.  Contohnya, Prolog dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan objek ataupun mencari hubungan antara objek yang satu dengan objek lain.
CIRI BAHASA PROLOG
  • Bahasa Prolog selain mencari jawaban dengan menggunakan logika, juga dapat memberi semua kemungkinan jawaban.
  • Mempunyai Predikat : Menggambarkan relasi antara dua buah objek atau lebih, bisa juga mewakili sifat suatu objek. Objek yang terkait disebut argumen. Contoh : cinta(ayah, ibu). predikat : cinta ; argumen : ayah, ibu. (Dibaca : ayah cinta ibu)
  • Deduksi : Prolog dapat melakukan penarikan kesimpulan.
  • Pemadanan/Unifikasi : Dalam mencari jawaban atau menarik kesimpulan, Prolog melakukan pemadanan, yaitu mencari kesamaan/mencocokkan argumen pertama dengan argumen pertama pada predikat lain yang sama dan seterusnya.

STRUKTUR PROLOG
Struktur Bahasa Prolog terdiri dari :
©    Domains
Domains menyatakan jenis suatu variabel. Jenis-jenis variabel standar dalam prolog misalnya char, integer, dan string.
char dipakai pada predikat yang argumennya berupa karakter tunggal (abjad, angka, pungtuasi , dan operasi matematika). Penulisan argumen bertipe char dalam prolog diapit tanda ’…’. Contoh : nilai(putri,’A’).
string dipakai pada predikat yang argumennya berupa karakter jamak, misalnya kata maupun suatu tulisan Penulisan argumen bertipe string dalam prolog diapit tanda ”…”.
Contoh : kuliah(putri,”Algoritma dan Pemrograman 1”).
integer dipakai pada predikat yang argumennya berupa bilangan bulat.
Contoh : nilai(putri,”matdis”,85).

©    Predicates
Predicates digunakan untuk mendeklarasikan predikat. Penulisan dalam Prolog diawali dengan huruf kecil. Contoh : orangtua(x,y)

©    Clauses
Clauses digunakan untuk mendefinisikan predikat. Clauses terdiri dari fakta dan aturan.
Fakta (Fact), menyatakan hubungan relasi antara dua obyek atau lebih. Bisa juga digunakan untuk menunjukkan sifat suatu obyek. Penulisan dalam Prolog, diiawali dengan huruf kecil dan diakhiri dengan tanda titik. Contoh : orangtua (ali, husein).
Aturan(Rules), contoh -> suka(toni, X):- suka(dewi, X). Dibaca -> jika toni suka x, maka dewi suka x.

©    Goal
Goal adalah tempat pernyataan (query) diberikan atau meminta prolog untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Contoh : nilai(putri, matdis, X). Dibaca-> Berapa nilai matdis putri ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar