Pemrogaman COBOL
Identification
Division
} Merupakan divisi yang pertama dalam program COBOL dan
yang paling sederhana
} Merupakan keterangan tentang program Cobol yang dibuat
} Terdiri dari beberapa paragraph
BENTUK UMUM
IDENTIFICATION DIVISION
IDENTIFICATION DIVISION
} IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID.nama program.
[ AUTHOR. nama programmer. ]
[ INSTALLATION. nama istalasi. ]
[ DATE-WRITTEN. tanggal program
dibuat. ]
[ DATE-COMPLIED. tanggal program
dikompilasi
[ SECURITY. sifat program. ]
[..] optional
PROGRAM-ID
} Menunjukan identitas dari program
} Nama program harus unik
} Syarat nama program boleh sampai 30
karakter tapi yang dianggap unik hanya 6 karakter pertama, selebihnya
diabaikan.
Contoh
program
} IDENTIFICATION DIVISION.
PROGRAM-ID. penjualan.
AUTHOR. shahnaz.
INSTALLATION. labsi.
DATE-WRITTEN. 10-10-2014.
DATE-COMPLIED. 11-10-2014
SECURITY. rahasia.
ENVIRONTMENT
DIVISION
} Merupakan divisi kedua yang
menyediakan informasi mengenai peralatan yang dipergunakan didalam program.
} Terdapat dua buah section yaitu :
Ø Configuration section
Ø Input-output section
BENTUK
UMUM
ENVIRONMENT DIVISION
ENVIRONMENT DIVISION
} ENVIRONMENT DIVISION,
[ CONFIGURATION SECTION.]
[ SOURCE-COMPUTER. Nama-komputer
]
[ WITH DEBUGGING MODE. ]
[OBJECT-COMPUTER. Nama-komputer. ]
[SPECIAL-NAMES.]
[ PRINTER IS nama-mnemonik ]
[ CURRENCY SIGN IS literal. ]
[ DECIMAL-POINT IS COMMA. ]
[INPUT-OUTPUT SECTION.]
[FILE-CONTROL.]
[ File-control entry. ]
CONFIGURATION
SECTION
} Pada seksi ini diterangkan mengenai
jenis-jenis komputer yang digunakan dalam rangka pembuatan, pengkompilasian dan
pemrosesan program.
} Configuration section perlu, sebab
kemungkinan program yang dibuat pada sebuah komputer dijalankan oleh komputer
yang lain.
Source
Computer
} Source-computer digunakan untuk nama
komputer yang digunakan dalam membuat dan mengkompilasi program
} Penulisan mulai dari area A yaitu
kolom 8
} Contoh komputer yang digunakan untuk
membuat source program adalah IBM-Pc
è SOURCE-COMPUTER. IBM=PC.
Object
Computer
} Paragraph ini menunjukan nama
komputer yang digunakan untuk menjalankan (execute) program yang telah
dikompilasi yang sifatnya sebagai dokumentasi.
} Contoh : komputer yang digunakan
untuk menjalankan program adalah IBM-Pc
è OBJECT-COMPUTER. IBM=PC.
Special-Names
} Paragraf ini sifatnya optional
} Digunakan untuk menghubungkan nama
mnemonik dengan nama yang dbuat programmer.
Contoh:
} Printer is alat-cetak.
} Currency sign is $.
} Decimal point is comma.
INPUT-OUTPUT
SECTION
} Digunakan bila menggunakan media
simpanan sekunder, maka file control dalam seksi ini harus ditulis.
} Bentuk umumnya:
INPUT-OUTPUT
SECTION.
FILE-CONTROL.
File-control entry.
DATA
DIVISION
} Merupakan divisi yang ketiga didalam
program cobol
} Divisi ini memberikan penjelasn tentang
input data dan output yang dipergunakan.
} Isi dari divisi ini merupakan semua
keterangan tentang file, record, nama data serta bentuk format data yang akan
digunakan didalam procedure division.
SECTION
didalam Data Division
} Ada 5 section didalam data division
yaitu
- File section
- Working-storage section
- Screen section
- Linkage section
- Report section
FILE
SECTION
} Pada section ini terdapat semua
keterangan-keterangan mengenai file-file yang dipakai didalam program.
} File section ada bila dipergunakan
file dalam bentuk simpanan sekunder yaitu disk yang berhubungan dengan
INPUT-OUTPUT SECTION dalam Environtment Division.
} Keterangan meliputi : Nama file,
Cara perekaman, Jumlah record per blok, Jumlah karakter per record
WORKING-STORAGE
SECTION
} Section ini bertujuan untuk memesan
tempat di internal memori yang diperlukan oleh pekerjaan proses program
} Pemesanan tempat biasanya digunakkan
untuk:
◦
Bentuk,
nilai dan nama data yg diperlukan di dalam proses yang belum disebutkan pada
FILE-SECTION
◦
Persiapan
penulisan judul. Format judul dipersiapkan terlebih dahulu pd WORKING-STORAGE
SECTION yang nantinya jika akan dicetak atau ditampilkan pd PROCEDURE DIVISION
menggunakan perintah WRITE atau DISPLAY.
◦
Pemesanan tempat untuk data output yang akan ditampilkan
SCREEN
SECTION
} Digunakan untuk menunjukan bentuk
format dan layar terminal untuk
menampilkan data atau memasukan data.
} Data-data yang dipergunakan dapat
berupa group data item atau data item individu, dengan level number 01 dampai
dengan 49 yang sudah disebutkan pada file section.
Blank
Screen
} Digunakan untuk membersihkan layar
dan menempatkan cursor pada posisi kri atas baris 1 dan kolom1
} Contoh
identification division.
program-id. belajar1.
author. dina.
environment division.
data division.
screen section.
01 hapus-layar.
02 blank screen.
procedure division.
tampilkan.
display hapus-layar.
stop run.
LEVEL
NUMBER
} Level number atau nomer jenjang
adalah suatu nomor yang menunjukan jenjang dari data item dalam suatu record.
} Makin besar nomer levelnya, makin
rendah jenjang tingkatannya.
} Terdiri dari level number 01 sampai
dengan level number 88
LEVEL
NUMBER 01,02-49
} Level number yang sering dipakai
terdiri dari:
ü Level number 01
untuk mengawali keterangan dari
record
ü Level number 02 sd 49
untuk
mengawali keterangan dari data item
LEVEL
NUMBER 66
ü Level number 66 è digunakan untuk renames
01
Data-Masukkan.
02 Nama Pic
A(10).
02 Alamat Pic
X(15).
02 Kelas Pic
X(5).
66
Data-Pegawai Renames Nama thru Alamat.
ü Level number 77
untuk mengawali data item yang
beridiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada working storage section
ü Level number 88
LEVEL
NUMBER 77,88
ü Level number 77
untuk mengawali data item yang
beridiri sendiri. Hanya boleh terdapat pada working storage section
ü Level number 88
untuk mengawali suatu nama
kondisi
Data
Division.
Working-Storage
Section.
01 Data-Tanya.
02 Tanya Pic A.
88 Lagi value is ‘Y’, ‘y’.
88 Tidak value is ‘T’, ‘t’.
77 Nama Pic A(20).
PICTURE
CLAUSE
} Pic clause menerangkan masing-masing
data item yang digunakan, ukuran field dan memberikan informasi apakah data
tersebut berbentuk numerik, aplabetik atau alpanumerik serta menerangkan
tentang nilai desimal untuk data numerik dan juga tanda yang mengandung nilai
negatif atu tanda lain.
PICTURE
karakter 9
◦
Menunjukkan posisi sebuah memory hanya dapat mengandung nilai – nilai numerik saja.
◦
Bersifat rata kanan ( right justified )
◦
Contoh :
PICTURE
karakter V
} Menunjukkan
letak anggapan dari titik desimal.
} Karakter
ini hanya boleh ada satu saja setiap
picture.
PICTURE
karakter P
} Digunakan
dengan gabungan PICTURE karakter V, yang digunakan untuk menimbulkan angka 0.
PICTURE
karakter S
} Digunakan untuk menyimpan tanda
negatif pada angka
PICTURE karakter
A
} Digunakan
untuk menyimpan nilai data huruf.
} Bersifat
rata kiri ( left justified )
} Menunjukkan
posisi alphanumerik yang disimpan pada
field.
} Alpanumerik berupa angka, huruf atau
karakter khusus.
} Bersifat
rata kiri ( Left Justified )
PICTURE EDITING
} Berfungsi
untuk melakukan perubahan bentuk dari data yang tersimpan (edit data) di dalam
memori, sehingga data yang tercetak nantinya akan lebih mudah dimengerti,
dibaca, dan mempunyai susunan yang lebih baik dari data aslinya.
} Berlaku
hanya untuk numerik, kecuali Picture editing karakter B
Picture
Editing karakter Z
} Digunakan untuk menggantikan angka 0
di muka tidak tampak pada waktu percetakan
Picture
Editing karakter $
} Menambahkan karakter $ saat pencetakan
yang terletak paling ujung kiri.
Picture
Editing karakter “.”dan”,”
} Untuk
menunjukkan letak posisi dari titik desimal pada saat pencetakan. Dapat
dipertukarkan kedudukannya dengan cara mendefinisikan terlebih dahulu :
DATA DIVISION.
WORKING-STORAGE SECTION.
SPECIAL-NAMES. DECIMAL POINT IS COMMA.
Picture
Editing karakter “-” “+”
} Menambahkan
tanda – pada posisi paling kiri pada saat pencetakan jika data aslinya bernilai
negatif, jika bernilai positif akan digantikan dengan blank.
} Jika
data aslinya bernilai positif tanda + akan tampak pada posisi paling kiri.
Tetapi jika data aslinya bernilai negatif, maka yang akan muncul bukan karakter
+ tetapi karakter -.
Picture
Editing karakter “*”
} Untuk
menggantikan nilai 0 (nol) yang muncul pada posisi paling kiri dengan karakter
Picture
Editing karakter 0
} Untuk menyisipkan karakter 0 pada posisi
dimana karakter 0 itu berada.
Picture
Editing karakter “/”
} Untuk menyisipkan karakter / pada posisi
dimana karakter / itu berada.
PROCEDURE
DIVISION
} Merupakan divisi yang keempat dalam
banasa program COBOL
} Semua instruksi yang ditulis pada
procedure division sehingga divisi ini merupakan inti dari pemrograman COBOL.
MOVE
Verb
} Adalah
perintah yang penting didalam program COBOL. Verb ini berguna untuk memindahkan
data dari satu field ke lokasi field yang lain, sehingga input data dapat
dimanipulasi untuk menghasilkan output.
} Bentuk
dari statement MOVE :
MOVE namadata1 TO namadata2,namadata3
Contoh
Move
} data division
01 KIRIM.
02 UNIT PIC 9(3).
02 HARGA
PIC 9(5).
01 TERIMA.
02 UNIT-OUT PIC 9(3).
02 HARGA-OUT PIC
9(7).
} Procedure division
MOVE UNIT
TO UNIT-OUT.
Memindahkan
nilai data dari field UNIT ke field UNIT-OUT
MOVE
KIRIM TO TERIMA.
memindahkan 8 karakter
dari field group item KIRIM ke 10 karakter secara bersamaan ke field group item
TERIMA
DISPLAY
Verb
} Dipergunakan
untuk menampilkan hasil di layar ataupun di printer.
} Ada
3 bentuk statement DISPLAY :
- Display nama-layar
- Display nama data upon nama
mnemonik
- Display posisi tampilan nama
data
Posisi
tampilan è
line,column
Contoh
Display
Display hapus layar.
Display “Bahasa Cobol”.
Display (15,5) “Indonesia”.
identification division.
program-id. belajar1.
author. dina.
environment division.
configuration section.
source-computer. ibm-pc.
object-computer. ibm-pc.
data division.
screen section.
01 hapus-layar.
02 blank screen.
procedure division.
tampilkan.
display hapus-layar.
display 'bahasa COBOL'
stop run.
ACCEPT
Verb[a]
} Digunakan
untuk memasukkan data lewat layar sewaktu program tersebut dijalankan (pada waktu runtime).
} Ada
4 bentuk statement ACCEPT :
- ACCEPT nama data
- ACCEPT nama-layar [ON ESCAPE
statement-imperative ]
Keterangan
ACCEPT
} ZERO-FILL
phrase
} Bila
posisi-posisi field data-item penerima data tidak diisi dengan data (langsung
di tekan tombol RETURN), maka akan terisi dengan nilai nol.
} SPACE
FILL phrase
Bila posisi-posisi field
data-item di layar tidak diisi dengan data (langsung ditekan tombol RETURN),
maka akan terisi dengan nilai blank.
} LEFT-JUSTIFY
phrase
Tidak berfungsi dalam
MS-COBOL.
} RIGHT-JUSTIFY
phrase
Menyebabkan setelah data
dimasukkan, hasil akhir yang tampak dilayar akan rata di sebelah kanan.
} TRAILING
– SIGN phrase
Menyebabkan tanda operasi
+ atau – tampak diposisi paling kanan dari field data input. Biasanya tanda
tersebut akan menempati posisi paling kiri.
} PROMPT
phrase
Menyebabkan tampilan
untuk field data-item penerima berbentuk nol untuk posisi digit,titik untuk
decimal point dan spasi untuk tanda operasi + atau
} UPDATE
phrase
Menyebabkan tampilan
untuk field data-item penerima berbentuk nilai awal dari field penerima
tersebut.
} LENGTH-CHECK
phrase
Menyebabkan penekanan
tombol carriage-return tidak berfungsi kalau semua posisi field penerima belum
penuh semua.
} EMPTY-CHECK
phrase
Menyebabkan penekanan
tombol carriage-return tidak berfungsi kalau tidak paling sedikit sebuah
karakter atau angka yang bukan sifatnya terminator sudah dimasukkan.
} AUTO-SKIP
phrase
Menyebabkan proses
pemasukkan data bergeser ke field penerima data lain berikutnya, bila posisi
field penerima sudah penuh terisi tanpa harus ditekan tombol carriage-return
atau tombol terminator yang lainnya.
} NO-ECHO
phrase
Menyebabkan data yang
dimasukkan, tidak tampak di layar.
} BEEP
phrase
Menyebabkan bunyi bel
sewaktu data dimasukkan.
ACCEPT
Verb[b]
} Bentuk ke 4
STOP
Verb
} Digunakan
untuk menghentikan program baik secara permanen maupun secara sementara saja,
yang kemudian proses program dapat dianjurkan kembali.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar